Tuesday, November 26, 2013

Europe Day 3 - Milan

haiiiii kami masih di milan hari iniii.. :D

di tempat kita nginep pokoknya udah kaya' rumah sendiri, semua geledakan gitu aja di tinggalin sama yang punya rumah. jadwal hari ini kita mau ke milanello. kalo' ada yang belum tau milanello itu apa adalaahh.. markasnya AC milan (lagi), hahahahha pokoknya milan ini isinya muasin valsky doang deh, AC milan tok isinya.. :))) kalo' kemaren kita udah ke stadionnya, sekarang kita mau ke tempat latihannya mereka. kalo' saya baca2 tentang milanello di sana ga cuma tempat latian aja, fasilitas di sana lengkap buat pemain2 AC milan. sebelum brangkat agak kesulitan juga nih cari transport ke sana, mana infonya lagi no public transportation !! akhirnya ke kumpul kesimpulan kalo' kita harus ke stasiun albizate.

pagi2 saya udah di obrak2 sama valsky di suruh buruan mandi, iyaa deeehh yang milanisti semangat banget.. :P abis mandi, udah cantik udah ganteng kita brangkat. matahari masih ngintip2 tuh, padahal udah jam 9 pagi lho. perjalanan ke stasiun cusano kita mampir dulu di salah satu toko roti yang waktu itu udah rame banget, letaknya kiri jalan, namanya lupa, hahahahaha.. kaya'nya nih ya, setau kita selama di eropa orang2 sana sarapannya tuh sweet breakfast gitu ya. di toko roti itu kita pesen 2 jenis croisant, hot chocolate, sama latte. rotinya enaaaakkk banget !!! duuuhh dimana sih nemu croisant enak banget gini di surabaya. udah gitu 1 bijinya cuma EUR1 aja. hot chocolate nya juga gitu, kenteeelll banget, pure chocolate di cairin kaya'nya, lattenya juga sip. rata2 yang makan di situ ga sampe' 5 menit, selesai makan langsung bayar langsung ciao !! udah gitu meja kursinya cuma dikit, banyak yang makan berdiri atau piring gelasnya di taruh di etalase aja.


ngomongin ciao nih, ternyata itu bahasa itali ya bok yang artinya mirip bye atau halo gitu deh, semacam greeting. sedangkan saya sendiri emang sering banget ngomong ciao kalo' abis telp atau abis ngobrol sama orang gara2 inget film hangover ga sih ?? yang nerima email terakhirnya ada chao nya tapi dikirain yang nerima email itu greeting orang itali, padahal yang bener itu nama orang yang kirim email.. *ribetbangetjelasinnya*. jadi pas di itali dikit2 bilang ciao jadinya biasa aja.. :)))

baiklah balik lagi ke sarapan nih, cuma makan gitu aja udah kenyaaaang banget, alhamdu ?? lillaaahhh.. lanjut jalan lagi ke stasiun. dari cusano kita ke varese dulu, dan itu skitar 45 menitan gitu. dari varese baru ke albizate. sampe' di varese kita milih buat makan siang dulu deh, soalnya ga yakin di sekitaran milanello bakal ada yang jual makanan. keluar stasiun kita ke mc.d dulu yang tinggal nyebrang aja. kita pesen burger sama caesar salad, enak banget saladnya ya iyalah harga EUR6 sama dengan IDR95000. oiyaaa kita bawa sambel ABC dari surabayaaa, hahahah bermanfaat banget. sayangnya cuma bawa botol yang kecil, jadinya di irit2 juga.. :))) abis makan saya beli croisantnya mc.d 2 biji buat di jalan, lagi2 takut ga ada yang jual makanan di milanello.


dari varese kita lanjut ke albizate, eumm skitar 30 menit apa ya. sampe' di albizate kita pun kembali krik krik krik, sepiiii stasiunnya. trus kita nanya ibu2 mau ke milanello kita harus naek apa, katanya emang ga ada public transportation buat ke sana, bisa pake' taksi tapi pas diliatin sama ibu itu kok ga ada taksi sama sekali. saya sama valsky cuma liat2an piye iki ??? trus si ibu itu ngobrol sama bapak2 yang mau naik mobil pake' bahasa itali, udah deh ga tau mereka ngomong apa. trus si ibu nyamperin kita bilang kalo' bapak itu mau nganterin kita ke milanello, HAH SUMPAH ??? assiiiiiikkkk... makasiiii ya buuu paaakkk.. kita naek ke mobilnya tapi bapaknya cuma senyum2 aja ga bisa bahasa ingggris. tau ga sih ada kali 5km dari stasiun albizate ke milanello, gitu mau jalan kaki ??? lumayan hemat ga bayar taksi beb.. :D si bapak nganter kita persis di depan palangnya AC milan, wiiiii valsky nya hebooohhh, hahahahah... kita sempet foto bareng juga nih.. :D


abis fotoin valsky di palangnya AC milan kita jalan ke dalem gitu, sebelum si bapak ninggalin kita dia nunjuk2 ke arah jalan itu supaya kita masuk kesana. jalan ke dalem ternyata gerbang pagernya milanello. akhirnyaaa kita sampe' juga di centro sportivo milanello.. :D



karna itu bener2 markasnya AC milan, jadi ya kita ga di bolehin masuk. ada beberapa orang juga yang nungguin di depan situ dengan harapan bisa ketemu pemain, apalagi malemnya kan mereka mau tanding jadi pasti ngumpul dulu di milanello. padahal yang dateng ya orang2 itali juga lho, ada juga yang dari paris. mereka yang kaget gitu tau kita dari indonesia, jauuuhh.. apalagi valsky bawa mini spanduk yang akhirnya dipake' foto juga sama bule2 disitu. kanan kiri bangunan centro sportivo itu cuma pohon2an doang, sepiii.. semacam desa gitu deh milanello ini. saya cuma mikir ini balik ke stasiunnya entar gimana yaa, mana makin lama makin dingin, laper, untung bawa croisant beli di mc.d kan.





rela kedinginan buka coat demi foto biar kliatan kaosnya.. :D
orang2 yang ngantri di depan ganti2 terus, yang awet ya kita berdua ini.. :))) mobil yang keluar masuk pun juga ganti2. kalo' udah ada mobil mau masuk atau keluar gerbang gitu udah deh pada heboh berdiri kali2 pemain, sempet ada katanya pemain belakangnya AC milan, tapi karna valsky ga suka jadi ya doi ga moto. makin sore saya makin gelisah dong ya, trus saya bilang ke valsky kita naek apa ke stasiuuunnn ?? dengan modal bonek suroboyo, valsky basa basi lah ke salah satu orang di situ, ngobrol2 banyak, pas balik ke saya trus bilang "beres, kita nebeng orang itu ke stasiun", hahahahah... :D yaaa nama pun nebeng ya, jadinya jam berapa orangnya mau capcus ya kita harus ngikut, jam 5 mereka ngajakin balik, huhuhuhu belom ketemu pemain padahal, tapi gpp ya sayang udah pernah ada di milanello aja kita udah seneng yaaa.. :D mereka berdua sama 1 anak kecil, nama mereka roberto - lorenzo - alberto, dan suami saya valentino.. :)) beberapa orang yang kita kenal di itali semua bilang ke valsky your name is italian name.. :D


ngobrol2 di jalan, di anter ke stasiun, makasi yaaa.. :D kita ga tau deh itu stasiun apa pokoknya cari kereta ke duomo, kita balik lagi ke sana soalnya kemaren kan belum sempet foto. sampe' di duomo udah malem dan tetep rame ajaaa.. tapi mau ga mau harus foto dong. abis foto kita ke H&M, gatel nih belum belanja apa2, hahahahha.. saya keluar masuk toko, valsky foto2 sendirian.. :))) lumayan dapet H&M EUR95 dapet 2 biji.. :D




sebenernya udah cuapek banget, tapi kita belum makan malem, jadinya mau ke all u can eat di pinggir canal gitu, kita harus naek metro ke sana, dan jalannya lumayan jauh ajaaa.. saya dapet referensi dari tripadvisor di maya resto, pas sampe' sana ampuuunn dijeeee rameeeekkk banget sampe' antri2, ga sanggup broooo.. karna perut udah ga bersahabat akhirnya kita pindah ke prince resto yang sama2 all u can eat juga dan ada tivinya yang nyiarin live AC milan vs fiorentina. jadi di sepanjang pinggir canal itu hampir semua jual all u can eat tapi harganya macem2, kalo' di prince sama maya per orangnya EUR9. tipsnya pilih minuman yang ga bikin haus, soalnya sistemnya tuh kita kaya' beli minum tapi gratis makan, makanannya bisa berkali kali ambil tapi minumnya ya cuma sekali iu aja. udah ga sempet foto, capek banget. valsky makan sambil nonton bola. kenyang dan kami balik ke via adda, aaaakkk bayangin harus jalan dari cusano tuh pegel bangeeettt... mana gerimis gede2.

sampe' via adda ga langsung tidur tapi packing buat besok check out kita ke romaaaa !! semua barang di masukin, cuma nyiapin baju yang buat besok brangkat biar paginya kita ga buru2 karna kereta kita  jam 7 pagi dari milano centrale, selamat tidur.. sampai jumpa besok di roma.. ;)

note : malemnya dapet kabar AC milan kalah lawan fiorentina, hihihihihih... tapi valsky tetep cinta sama klub bola satu itu, udah di datengin jauh2 ya padahal sayang, hahahahah.. :)))

xoxo,

Friday, November 22, 2013

Europe Day 2 - Milan

benvenuti a milano.. ;)
yang artinya selamat datang di milan, italiiiiiii... :D

alhamdulillah landing dengan lancar di malpensa airport. begitu keluar pesawat, menuju ke tempat ambil bagasi, kemudian krik krik krik.. ini airport sepi amat ya, hahahahah... jadi kaya'nya malpensa ini sejenis bandara kecil di milan buat pesawat2 budget airline, kaya'nya lho yaaaa... soalnya saya ga liat ada full service airline yang parkir di sana. keluar ambil bagasi tolah toleh ini keluarnya lewat mana, ngintip di luar airport kok gersaaaang.. ga ada map, nanya orang pada ga paham, bisa naek bus ke milano centrale tapi bayarnya EUR10 per orang, aaaiiihhhh mehong ya beb.. akhirnya cari tau sendiri ternyata ada shuttle bus alias free buat ke station kalo' mau pake' train, horeeeee yuk kita naek itu aja. begitu sampe' di station beli tiket ke milano centrale harganya berapa ??? SAMA AJA EUR10, hahahahahah begonyaaa... :)))


ya udah deh dari pada kita kaya' koboi nyasar di tempat gersang begitu. sampe' di milano centrale kita ke cadorna dulu, dari situ baru deh transfer ke cusano milanino, itu tempat kita nginep airbnb. sampe' di cusano milanino ternyata itu stasiun mini banget, mana sepiiiiii... ambil print2an google map mulai cari via adda. pas kebetulan ada suami istri sama 2 anaknya, kita nanya alamat itu trus mereka baik lho mau nemenin kita. ya kebetulan juga searah sih sama rumah mereka. info dari mereka hari itu libur nasional di itali, makanya jalanan sepi. sepanjang jalan banyak banget daun2 gugur warna warni, nih berasa banget autumnnya kalo' di milan.



fyi nih ya, kalo' ga salah 1 hari sebelum kita ke milan host kita ngirim email nginfo kalo' dia ga ada di apartementnya, kuncinya di titipin temennya yang nungguin kita dateng, yaelaaaahhhh.. sampe' di pager apartement semua serba di kunci kan, ada tombol2 buat langsung ke kamar tapi kok namanya host kita ga ada. akhirnya saya nelp ke temennya yang di titipin kunci, trus dia turun bukain pager. kamarnya ada di lantai 4 TANPA LIFT !! catet kita harus ngangkat koper segede gaban itu ke lantai 4 pake' tangga manual.. *elapkeringet*. namanya selena, dia jelasin tentang semua yang ada di situ, kamar tidur kita, kamar mandi, ruang makan, dapur, kunci2an, udah itu aja. di tanya arah jalan bingung, di tanya wifi ga tau, haaassshhh... padahal harusnya ada wifinya. abis dia jelasin trus pulang, kita di tinggal gitu aja. jadi yaa itu apartement ya misal kaya' saya ninggalin flat buat di sewa orang, bener2 apartement tempat tinggal banget deh.


selesai beres2, kita ganti baju mau ke san siro nih. fyi valsky khusus pesen kaos AC milan waktu di surabaya buat kita ke san siro, keren kaosnya.. :D hari ini tadinya judulnya nyantaiiii kaya' di pantai, soalnya jadwalnya emang cuma mau ke san siro aja. jalan kaki ke stasiun yang lamanya skitar 20 menitan ada kali, foto di pinggir jalan yang warna daunnya lucu banget, nikmatin pemandangan kanan kiri yang rumah2nya tuh kaya' di film2 mafia itali tuh, persiiiiss banget !! jangan harap deh nemu bangunan modern di itali.. :))) semua bangunan kalo' di surabaya tuh kaya' daerah pecinan sama kota lama, horor tauk kalo' malem. jenis muka2 orang itali juga gitu, kaya' yang jadi mafia di film2 itali, mana hidungnya lancip2, bisa kali buat motong mangga.. :D dari stasiun cusano milanino yang mini itu kita ke lotto fiera. dari lotto fiera ke stadium ?? jalan kaki brooooo... hahahhahahah jauh aja ternyata, hauuufffttt.. *tempelkoyo*




jadi pas kita turun di lotto ternyata ada pasangan juga dari paris yang mau ke stadium san siro, sama2 nanya akhirnya jalan bareng kesana soalnya ada orang yang baik hati nunjukin arah pake' map di hpnya. orangnya sih cuma bilang lurus aja, ada bunderan trus belok kanan, nah itu jalan aja terus. dan iya sih emang bener, tapi jalan aja terusnya itu lhooo hampir 1 jam sendiri, aaaaakkkk asli capek banget. saya sebelumnya udah beli tiket san siro tour and museumnya, dan mereka tutupnya jam 5. saya sama valsky turun di lotto jam 4 trus jalan 1 jam nyampe' jam 5 kurang 10 !! itu juga udah pake' lari2an... *hoosshhooosshhh* *demisuami*



tapiii begitu liat bangunan stadiumnya, uuuwwwoooooowww gedaaaaayyy banget aslik !!! :D iiihh ini kan yang di google2 tuh, gilak aslinya bener2 gede banget deh. seneng banget waktu udah liat bangunannya, itu yaa jalan ke pintu masuknya maish jauuuuhhh... lari2 ngos2an pas banget ada grup yang mau mulai tour, kita langsung gabung sama mereka. suami ?? SUPER HORE BANGET !!! hahahahahah.. valsky kaya' anak kecil deh waktu itu. ekspresi mukanya tuh gembira banget, speechless lah doi. bolak balik bilang "san siro lho ini sayang, san siro lho ini. yaowoooohh akhirnya bisa ke sini ya" :D aaahhh senneg banget valskynyaaa, milanistinya "umroh" :)))



valsky lari sana, lari sini, foto sana, foto sini, capeknya ilang deh tuh pasti. saya ?? masih terkagum2 liat stadion segitu gedenya. tour di mulai dari masuk ke tempat duduk penonton, waktu itu lapangannya rumputnya lagi di angetin gitu apa namanya ya, soalnya besok malemnya ada tanding AC milan vs fiorentina. di situ kita bisa ke bagian atas tempat petinggi2 AC milan duduk. dari situ kita masuk ke dalem, ke ruang gantinya inter milan, hahahahah ya jelas dong valsky males, lagian ruang gantinya biasa tuh punya inter milan. abis dari situ ke sebelahnya ada ruang gantinya AC milan. valsky seneng bangeeeettt.. dari pintu masuknya udah ada logonya gedeeee, di cium2 tuh logonya sama valsky sampe' di ketawain sama peserta tour yang lain.. :)) apalagi pas masuk, udah deh senengnya bukan main. ruangannya AC milan jauh lebih bagus dari inter, serius deh. kita duduk di kursi pemain AC milan, ngintip ruang mandinya, kita foto2., it was fun !! :D





yaaa tapi namanya juga tour semua ga bisa lama, lanjut ke ruang pers. tapi valsky nya masih betah, jadi kita pura2 ketinggalan rombongan, hahahahahha.. udah puas baru deh kita keluar, itu juga kita ga nemu pintu keluarnya sampe' akhirnya ketemu bapak2 gitu yang nunjukin. abis dari situ kita ke museumnya yang isinya baju2 yang pernah dipake' pemain2 lama, sepatu2, piala2, foto2, endebre2 yang lainnya. kita sengaja ga masuk ke storenya soalnya takut valsky pengen, hihihihihihi... semua aktifitas kita di san siro selesai di jam 7 malam. abis foto2 di depan stadium kita  nungguin bus yang ke stasiun lotto, malem itu dingiiiinn banget nunggu di pinggir jalan. sebelnya nih, udah nunggu pas busnya lewat ga mau berenti, ternyata kita salah tempat, aaaakkk...




abis dari san siro lanjut ke duomo, lapeeeeerrr per peeeerrr... stasiun tempat kita turun namanya juga stasiun duomo, di dalem stasiun petunjuknya jelas kita harus keluar di exit berapa kalo' mau ke duomo itu. begitu keluar dari stasiun, noleh kiri doweeeeennkk ini diaaa bangunannyaaa... waaaaakkk keren banget lho aslik !! exit kita persis di sebelah duomo cathedral. arsitekturnya tuh lancip2 klasik banget, berasa di negeri dongeng.. :)) kluar stasion aaaiiihhh ramenyaaaa duomo, mulai dari yang orang asli itali sampe' turis2 yang foto sana sini. pesimis mau foto bagus secara rame'nya ampun deh, soalnya di situ juga pusatnya belenji2, mau mrek apapun ada deh beneran.. jadinya kita cari makan dulu. tadinya mau makan mc.d aja, tapi apa daya kena hipnotis bapak2 pelayan resto yang nawarin pizza, mahal aja lho abis makan, padahal kita cuma pesen 1 pizza sama 2 minum, total EUR33 !! *cetakduit*

abis makan kita balik lagi ke tengah duomo dengan harapan udah agak maleman paling sepi ya, ternyata ya ga juga sih, hahahahahah... jadinya males deh mau foto2, besok balik aja kali yaaa... balik ke via adda udah mulai ngesot2 deh, mana tamu bulanan masih deres kan. begitu nyampe' langsung bersih2 dan selamat tiduuuurrrr... bdw kasurnya ga seberapa empuk nih di airbnb di milan.. *pentingbanget* *pake'minyakkayuputih* *pasangkoyo*

xoxo,

Tuesday, November 19, 2013

Europe Day 1 - Netherland

dari surabaya brangkat flight jam 18.10 tanggal 30 oct ke jakarta, transit skitar 2 jam nongkrong dulu di starbucks sama antri imigrasi, jam 22.00 cuuuusss brangkat ke amsterdam. rasanya waktu itu ?? deg2an, hahahahah norak ya. perjalanan skitar hampir 8 jam kita transit lagi di abu dhabi skitar 45 menit, trus lanjut lagi perjalanan skitar 7 jam, can u imagine it ?? almost 18 hours on board !! tepos2 deh tu pantat.. :)) dan welkom bij netherland !!! yeeeeeyyy alhamdulillah kami sampe' di schipol airport dengan selamat.. ;)


info sebelum landing suhu di darat 8 derajat celcius, mikirnya sih ah cuma 8, pernah ngerasain -16C di korea. eh begitu kluar pesawat bbbbrrrrrrr dingiiiiiiinnn, hahahahahaha anginnya ga santaiiiii... langsung peluk2 suami. kita lewat imigrasi sama ambil bagasi. saya langsung ganti boots, kita ambil coat, valsky langsung ambil tripod yang saya pinjem di sari, tengkis bundiiill tripodnya bermanfaat sekaliiii... :D langsung deh ke depan airport yang jadi tempat wajib buat foto turis2 kalo' ke amsterdam.. :P *situturis??*


abis foto2 kita buka itin di tanggal 31 oct. dari airport kita pake' train ke amsterdam central. informasi train di schipol jelas banget, termasuk platform2nya, dari arrival pake' eskalator turun ke bawah ke train2. amsterdam central itu gedaaaayyy banget !! bangunannya juga kaya' museum dari luar.. :)) di sana kita titip koper seharga EUR7.90 buat 24 jam ukuran loker medium. cara pake'nya seperti layaknya penitipan2 loker yang lainnya, cumaaa ini loker bayarnya harus pake' card, ga bisa pake' koin apalagi duit kertas. coba pake' CC lah kok minta pin, sedangkan kita di indo kan ga pernah ya pake' CC ber pin, akhirnya coba pake' debit mandiri dan berhasil !! terima struk yang isinya nomer buat ambil, jangan sampe' ilang ya. letak baggage locker juga gampang di cari, ada di sebelah kiri dari dalem stasiun, dan kemudian selamat jalan2.. :D



sebelum keluar stasiun perasaan ga enak nih, yok ke toilet dulu yok.. cuma mau ngecek aja sih apa terjadi sesuatu "dibawah" sana, eh masuk toilet bayar EUR0.50 yang brarti hampir 8rebo bang !! tapi ya karna perasaan yang ga enak tadi akhirnya iklas deh bayar segitu. dan bener aja, si tamu bulanan dateng seenaknya deweeee.. boleh dateng boleeeehhh.. tapi ya ga pas hari pertama liburan gini doooong, hauft !! *minumcataflam* yah biarpun PMS dan dilep melanda tapi karna kita ini traveler yang well prepared jadi obat2an udah siap sedia di tas.



mencoba lupakan tamu bulanan, mari kita jalan2. tujuan pertama kita mau ke albert cuyp market yang katanya bisa bikin laper mata kalo' kesana. nyontek di google map yang udah di print, dari central kita pake' bus no 15 di jalur C. ngelewatin dam square cuma bisa dadah2 aja karna sampe' pulang kita ga kesana, ngelewatin bangunan2 lucu khas londo, sampe' deh di pasar albert cuyp.



baru sampe' udah di sambut sama penjual2 buah gitu, makin masuk makin buanyak yang jualan. mulai dari buah, bunga, makanan, baju, sepatu, souvenir, keju2an, minuman, jam, pernak pernik macem2 deh pokoknya. walo pun di pesawat udah di cekokin makan berkali kali tapi hasrat waktu itu laper jadi tujuan pertama beli makanan. ada mas2 bule ganteng teriak2 jualin dagangannya, pas kita liat dia jual ayam2an, semacam di grill gtu. karna yang jual ramah, semua yang lewat dia sapa, jadi kita tertarik beli.. lumayan EUR3 buat cemilan berdua.. :D







abis nyemil kita jalan lagi ke canal cruise yang info dari mbah google deket2 albert cuyp, tanya sana sini
akhirnya nemu. kita cuma foto2 di pinggirannya aja sih, mana duingin buanget. pas nemu starbucks langsung ngaget deh. tujuannya sih ngaget sama beli tumbler tulisan netherland nambahin koleksi, eh kok malah di dalem tetep dingin.. padahal harapan kaya' waktu di korea tiap masuk2 toko bakalan anget gitu. karna waktu terus berjalan (ceileeeehhh) jadi kita cuma duduk bentar aja di starbucks dan mari lanjutkan perjalanan. next kita mau ke volendam, harus balik lagi ke central tapi kita bingung naeknya dari mana, hahahhaha... ngelewatin albert heinz beli minum sama stroopwaffel yang endues itu, jalan lagi, yang ujung2nya ya jalan kaki sampe' central.. *semaput* tapi di jalan kita foto sana sini sambil nikmatin kram perut amsterdam city yang bangunan2nya sama percis sama kalender di kantor..daun2 juga udah pada gugur, aaaahhh ini kan yang suka saya liat di instagram2 yaaa daunnya.. :D





bukan iklan starbucks.. :)))
eh bdw kita kan ga pegang map belanda, ternyata bayar aja dong kalo' mau minta map di eropa sanah, ga belanda, ga milan, ga roma, ga pisa, ga paris, bayaaaarrr semuaaaa... iiiissshhh kita biasa gretongan ya bok kalo' ambil map di negara2 yang udah pernah di datengin, jadi ya mana iklas ngeluarin duit buat beli map, mending nyasar deh, namanya juga jalan2, hahahahah teuteeeuuuppp... :P jadi saya bermodalkan kemampuan mengingat saya yang sebeneranya lemah waktu masih di indo browsing2 bikin itin. eh saya masih hapal lho bentuk peta2nya.. :D

okai kembali ke belanda, buat ke volendam kita naik bus yang bisa kita temuin di belakang bangunan amsterdam central. saya lupa nomer busnya berapa, yang pasti tulisannya jelas banget kok di depan bus klo itu rute ke volendam. perjalanan ke volendam skitar 45 menit, kita keluar dari kota amsterdam, kanan kiri udah bukan bangunan lagi tapi lahan2 yang luaaaasss2 banget yang isinya sapiiiii.. gila ya saya ga pernah lho liat sapi sebanyak itu, nyebar gitu aja di lahannya. trus lahan mereka gede2 banget, selahan gitu paling cuma ada satu rumah, nice view lah, kaya' desa2 di luar negeri yang suka di liat di tipi2 tuh. sampe' di volendam saya pribadi yang terkagum2 sendiri gitu, sumpah bagus banget.. :D jadi seperti yang kita tau kalo' volendam itu desa nelayan. sebagian rumah sama toko2 persis di pinggir pantai. waktu itu dingiiinnyaaaa, soalnya anginnya aduhai kencengnya.. tujuan utama udah pasti foto pake' baju khas belanda. fyi dari sekian banyak toko yang kita datengin harganya sama semua, jadi dari pada buang2 waktu buat cari harga termurah yang kaya'nya ga mungkin ada, jadi mending langsung putuskan aja foto di salah satu toko, karna sama aja. kita ambil yang di 2x cetak 1 pose harga EUR18 ditambah CD harga EUR5. sayangnya kita ga bisa bebas foto2 pake' kamera kita sendiri kaya' di korea, huhuhuhuhu...


abis foto di studio kita foto2 di luar, trus beli waffle nutela enaaakk banget. toko2 di sana tutup jam 6 malem, jadi kita ga bisa lama2 juga. mulai gelap kita balik ke halte lewat jalan yang beda dari baru dateng. kita ngelewatin rumah2 penduduk kaya' waktu di hwacheon. pemukiman di sana itu yaaa... duh ampun deh asli keren banget !! keren keren sumpah kereeeennn.. rumah mereka kecil2 rapet2 tapi enak di liat. ada yang langsung pintu, ada yang punya halaman kecil, jendela gede2 tirainya ga ditutup jadi kita di luar kliatan dalem rumahnya yang minimalis tapi eumm apa ya, bagus banget deh pokoknya.



banyak bunga2an yang sebagian emang mulai rontok karna di sana mereka udah nganggep winter bukan autumn lagi. ada yang lagi amen ke rumah tetangga. ada sungai2 kecil yang ada bebeknya. pengen foto tapi bingung mananya yang di foto, hahahahha abis bagus2 banget sih.. :D jadi saya ambilin di google aja ya. sampe' di halte kita nunggu bisa agak lama, hiks padahal udah kedinginan banget. dari volendam kita balik lagi ke central buat ambil bagasi trus pulang ke airbnb di alkmaar.

taken from here
dari central ke alkmaar kita pake' train, perjalanan skitar 45 menit. alkmaar salah satu kota kecil di belanda yang keluar dari kota amsterdam. sampe' di alkmaar pas keluar stasiun kita nemu view yang mirip sama volendam, aaaiiihhh keren banget.. stasiunnya kecil tapi bagus, ada hema sama burger king. pemukiman, rumah2 sama bangunannya lucu2 khas belanda banget. senengnya nih, rumah airbnb yang kita inepin deket sama stasiun. bdw ini pengalaman pertama buat saya sama valsky traveling nginep di tempat orang.. :D namanya tamara, dia cuma tinggal berdua sama suaminya yang orang suriname. mereka baiiiiikkk banget. sampe' depan pintu kita ketok2 ga lama trus di bukain, ramah banget. karna tau kita kedinginan langsung di suruh cepet2 masuk. kita di tunjukin kamar yang ada di lantai 2, sama di tunjukin kamar mandinya. rumah tamara juga sama banget kaya' yang kita liat di volendam, ga besar tapi enak, rumah2 tetangganya juga lucu2 bagus2. kamarnya persis sama foto yang ada di websitenya airbnb. sebelum tidur kita di bikinin teh dulu sama tamara, trus ngobrol2 di ruang makannya, nice host banget, seru ngobrol sama mereka. skitar jam 10 kita masuk kamar, kasur, selimut, bantalnya bikin langsung tidur pules.. :D

besok paginya kita bangun pagiiii banget, tamara sama suaminya belum bangun. malemnya kita udah di info gpp langsung keluar aja tapi jangan lupa di tutup rapet lagi pintunya. pagi itu kita mau ke milan pake' easyjet, itu brarti kita balik lagi ke schipol. karna waktu beli tiket saya cuma beli bagasi yang 20kg, sedangkan waktu kita brangkat dari surabaya bagasi skitar 27kiloan, sebagian kita titip di rumah tamara, dan di bolehin sama dia, baik banget kan. pas check in harap2 cemas duh beratnya berapa nih, soalnya sebagian lagi kita pindah ke tas yang dibawa ke cabin, gileh tas saya jadi beraaaattt.. ternyata koper kita 19,1kg !! hahahhaahh keren yaaa bisa ngepas gitu.. :))) pas check cabin baggage body butter body shop saya di ambil sama imigrasi, huhuhuhu baru kepake' dikit tuh, padahal waktu di imigrasi mau ke amsterdam gpp lho masuk cabin, aaahhh bisa2 aja tuh petugasnya milih barang yang bermerek.. :P lucunya nih, masih skitar 1,5 jam lagi tapi kok penumpang udah pada antri ya, kita yang ga ngerti apa2 ikut ngantri juga. kalah deh antriannya transformer rider di USS, kita juga baru nyadar pas mulai kerasa pegel kaki, kita ngapain sik udah antri begini ???? hahahahhaha...


perjalanan ke milan skitar 1,5 jam persis kaya' surabaya ke jakarta gitu lah ya. karna easyjet budget airline jadi ya di dalem pesawat kita tidur aja deh, kan ga dapet apa2... :))) cabin crewnya juga tipe2 yang nyantai gitu, jelasin keamanannya juga masih manual. seatnya ga mepet2 banget sih, lumayan deh bisa tidur 1,5 jam secara kita kan bangun pagi banget, landingnya juga lumayan enak. oiya pernah tau ga kalo' di eropa siangnya bisa panjang tapi bisa pendek juga ? kebetulan kita kebagian yang siangnya pendek. selama kita di eropa rata2 matahari baru terbit jam 8an, itu pun baru intip2, mulai terang jam 9an. sedangkan matahari mulai ilang dari skitar jam 5an, jam 6 udah gelap aja.

baiklah.. sampai jumpa di milan yaaaa... ;)

xoxo,